Newest Post

// Posted by :Maulina Yasin // On :Selasa, 13 November 2018

Samba Server
Pengertian Samba Server
Samba adalah program yang dapat menjembatani kompleksitas berbagai platform system operasi Linux(UNIX) dengan mesin Windows yang dijalankan dalam suatu jaringan komputer. Samba merupakan aplikasi dari UNIX dan Linux, yang dikenal dengan SMB(Service Message Block) protocol.


Fungsi Samba Server1. Menghubungkan antara mesin Linux (UNIX) dengan mesin Windows. Sebagai perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh samba software, mulai dari menjembatani sharing file, sharing device, PDC, firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server, proxy dan lain-lain. Fasilitas pengremote seperti telnet dan ssh juga tersedia. Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya aplikasi pengaturan yang tidak lagi hanya berbasis teks, tetapi juga berbasis grafis yaitu swat.


Prinsip dan Cara Kerja Samba ServerSamba terdiri atas dua program yang berjalan di background: SMBD dan NMBD. Secara singkat dapat disebutkan bahwa SMBD adalah file server yang akan menghasilkan proses baru untuk setiap client yang aktif sementara NMBD bertugas mengkonversi nama komputer (NetBIOS) menjadi alamat IP sekaligus juga memantau share yang ada di jaringan. Kerja SMBD sendiri diatur melalui file konfigurasi /etc/samba/smb.conf. Dengan membuat file konfigurasi yang tepat, Samba dapat dijadikan file server, print server, domain controller, dan banyak fungsi lainnya.


Keunggulan Samba Server1. Gratis atau free.
2. Tersedia untuk berbagai macam platform.
3. Mudah dikonfigurasi oleh administrator.
4. Sudah terhubung langsung dengan jaringan dan jarang ditemui masalah dalam penggunaannya di  jaringan.
5. Mudah dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan administrator.
6. Dapat diandalkan karena jarang terjadi kesalahan, kecuali sever computer anda bermasalah dengan perangkat kerasnya.
7. Mempunyai performa yang maksimal.

KEKURANGAN
• Tidak selalu memiliki koneksi cepat dan mudah timeout.
• Selalu mengganti settingan IP Proxy di browser setiap koneksi jaringan buruk.
• Membuang banyak waktu saat mengganti settingan IP 


Beberapa Tools Pendukung SAMBAAda banyak tools yang bisa digunakan sebagai tools tambahan Samba, antara lain SMB2WWW, SWAT (Samba Web Admin Tools), atau LinNeighborhood.Semua tools (kecuali LinNeighborhood) ini bisa anda dapatkan di homepage resmi samba : www.samba.org

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Counter

// Copyright © Maulina Yasin //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //