Newest Post
// Posted by :Maulina Yasin
// On :Rabu, 07 November 2018
BAB IV
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TIM KERJA
4.1.Tugas dan Tanggung jawab Anggota Tim
- Memelihara kebersamaan dalam tim
- Mematuhi dan melaksanakan ketentuan atau norma yang berlaku dalam tim
- Merealisasikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya
- Menjaga nama baik dan kerahasiaan tim
- Menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan tim
- Memberikan kontribusi yang nyata dalam memajukan kerja sama tim
- Ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tim serta menerima dan melaksanakan keputusan tim dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab.
4.2. Tugas dan tanggung jawab pimpinan tim adalah sebagai berikut:
- Kreatif dan proaktif dalam memberikan dukungan terhadap kerja sama tim.
- Membimbing dan mengarahkan seluruh anggota dalam pelaksanaan kerja sama tim.
- Menanggapi dan menangani setiap permasalahan yang timbul sebagai dampak negatif dari kerja sama tim.
- Memikul seluruh tanggung jawab terhadap maju mundurnya kerja sama tim.
- Memberikan komando terhadap pelaksanaan tugas dan kegiatan tim.
Dalam hal ini King (seorang ahli manajemen) menganjurkan 10 strategi yang ia sebut “Sepuluh Perintah Tim” (Ten Team Commandment) untuk meningkatkan kineja suatu tim yaitu :
- Saling ketergantungan
- Perluasan tugas
- Penjajaran (alignment)
- Bahasa yang umum
- Kepercayaan/respek
- Kepemimpinan yang dibagi rata
- Keterampilan pemecahan masalah
- Keterampilan menangani konflik
- Penilaian atau tindakan
- Perayaan atas kesuksesan tim
Dapat diartikan bahwa suatu pekerjaan akan dapat diselesaikan apabila adanya kerjasama tim. Untuk mewujudkan kerjasama yang baik diantara tim maka sangat diperlukan adanya rasa saling percaya, tanggung jawab, dan rasa saling memiliki.